Loko Coffee Shop Kini Hadir di Kota Cirebon

CIREBON – Bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 November 2019, PT. Reska Multi Usaha (RMU) sebagai salah satu anak perusahaan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) meresmikan Loko Coffee Shop di Cirebon.


Peresmian dilakukan langsung oleh Direktur Utama PT. KAI, Edi Sukmoro didampingi Plt Direktur Utama PT. RMU, Muhammad Sahril beserta jajaran direksi dan manajemen PT. KAI DAOP 3 Cirebon.

Loko Coffee Shop Cirebon merupakan Loko Cafe ke-3 yang dibangun PT. RMU di luar stasiun setelah Bandung dan Yogyakarta. Masing-masing memiliki konsep desain interior yang berbeda. Pengunjung akan merasakan suasana serasa berada di dalam kereta api.

Loko Coffee Shop di Cirebon ini mengusung konsep desain kontruksi yang diadopsi dari stasiun kereta api pada masa Netherlandsch-Indische Spoorweg Maatschappl (perusahaan kereta api pada masa Hindia Belanda), sehingga menjadi daya tarik baru di jantung Kota Cirebon.

Desain klasik khas Eropa ini memberikan pengalaman baru untuk bersantai di Loko Coffee Shop ini. Tidak hanya desain kontruksi, interior Loko Coffee Shop ini juga menjadi daya tarik. Dengan menggunakan kursi bekas kereta kelas Bisnis buatan tahin 1985 an yang sudah tidak beroperasi lagi menjadi sensasi berbeda untuk menikmati suasana kafe.

Selain kursi kelas Bisnis, di sisi luar kafe bekas bantalan rel kayu kereta api pun dijadikan kursi dan meja. Suasana seperti di stasiun menjadi lengkap dengan adanya replika dari Kereta Inspeksi Wijaya Kusuma.


“Semuanya ada konsep yang sedikit berbeda, mempunyai keunikan masing-masing. Di Cirebon kita ada kereta Wijaya Kusuma, salah satu kereta legendaris untuk inspeksi direksi kereta api,” kata Plt Direktur Utama PT. RMU, Muhammad Sahril

Untuk mengakomodir kebutuhan mobilisasi para pekerja pada masa kini, Loko Coffee Shop menyediakan fasilitas workspace atau ruang meeting yang dapat digunakan sembari menikmati sajian khas Loko Coffee Shop.
Selain kopi, para pengunjung juga dapat menikmati sajian 27 varian teh terbaik nusantara dengan berbagai khasiatnya yang baik untuk kesehatan.

Tanpa menghilangkan unsur citarasa khas Indonesia, menu lokal Blekutak dan Empal Gentong juga tersedia di Loko Coffee Shop Cirebon.
Sama seperti pendahulunya, dengan konsep Coffee Shop pengunjung juga dapat menikmati Live Brew beraneka macam kopi khas nusantara.

RMU ingin menjadikan Loko Coffee Shop ini sebagai salah satu ikon tujuan kuliner di kota-kota besar yang patut dikunjungi. Berikutnya, Loko Coffee Shop akan dibangun di Semarang, Surabaya dan Purwokerto.

Direktur Utama PT. KAI, Edi Sukmoro mengatakan, Loko Coffee yang sudah ada di beberapa titik stasiun besar ini adalah merupakan terobosan yang dilakukan RMU. Disamping membuka Loko Coffee juga ada menu tambahan setiap saat untuk restoran diatas kereta.

Saat meresmikan Loko Coffee Shop Cirebon, PT RMU juga meluncurkan menu makanan terbaru untuk restoran diatas kereta api. Nasi Goreng dengan beberapa varian kecombrang kini tersedia diatas KA
“Ini sangat luar biasa. Satu hal yang perlu diketahui bahwa Loko Coffee ini akan menjual makanan dan minuman yang memang kita upayakan supaya masyarakat itu terjangkau bisa membeli,” ujar Edi Sukmoro

“Loko Coffee ini saya support untuk bekerjasama dengan pengusaha-pengusaha UMKM yang bisa kita dukung nantinya untuk dijual di stasiun maupun di Loko Coffee,” tutup Edi. (CM-01)