Festival Topeng Jawa Barat 2019 Digelar di Cirebon

CIREBON, (CM) – Festival Topeng Jawa Barat Tahun 2019 digelar di Kota Cirebon, yang berlangsung di halaman Gedung Kesenian Rarasantang pada 29-30 Juli 2019. Gelaran festival ini diikuti para peserta dari 12 sanggar tari dari berbagai kota kabupaten di Jawa Barat.

Event yang diselenggarakan Dewan Kesenian Kota Cirebon bekerjasama dengan Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (DKOKP) Kota Cirebon itu digelar untuk lebih melestarikan kesenian tradisional.

“Kami mempunyai visi misi supaya topeng itu bisa lebih membumi di daerahnya sendiri,” kata Kasi Kesenian DKOKP Kota Cirebon, Dede Wahidin pada acara pembukaan festival tersebut, Senin (29/7).

Peserta dari Cirebon dalam gelaran festival ini menampilkan Topeng Slangit, Topeng Losari, Topeng Palimanan, dan Topeng Gegesik. Juga dari Majalengka yang menampilkan Topeng Wuwung, dan dari Indramayu menampilkan pertunjukan Topeng Indramayu.

Ketua Pelaksana Festival Topeng Jawa Barat 2019, Drs. H. Adin Imaduddin juga mengatakan, selain bertujuan melestarikan kesenian tradisional, khususnya seni pertunjukan topeng, event seni budaya yang digelar ini juga menjadi rangkaian kegiatan menyambut HUT Kemerdekaan RI tahun ini serta Hari Jadi Kota Cirebon yang ke-650.

“Peserta yang terlibat pada kegiatan ini adalah para pewaris maestro topeng dari berbagai daerah di Jawa Barat. Selain dari Ciayumajakuning juga hadir dari Karawang, Bekasi, Bogor, dan Ciamis,” kata Adin dalam sambutan acara pembukaan festival ini (CM-01)