Festival Pesisiran Jadi Event Pariwisata Kota Cirebon

CIREBON – Berbagai pertunjukan seni tradisi seperti Tari Topeng Beling dan Sintren ditampilkan dalam gelaran Festival Pesisiran Kota Cirebon yang berlangsung di Halaman Ex Gedung BAT, Sabtu malam (5/10).

Gelaran event ini juga menampilkan Tari Topeng dari Indramayu dengan penari yaitu Aerli, cucu dari maestro tari topeng dari Indramayu, Mimi Rasinah.

Tari topeng beling dibawakan oleh beberapa penari dari Sanggar Sekar Pandan Kota Cirebon.

Selain sebagai upaya melestarikan budaya, berbagai pertunjukan seni tradisi ini juga turut mendukung program pariwisata di kota Cirebon.

“Festival pesisir tahun 2019 diharapkan dapat mendukung pemerintah kota Cirebon untuk mewujudkan target 2 juta pengunjung wisatawan tahun 2019 di Kota Cirebon,” kata Kabid Kebudayaan Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (DKOKP) Kota Cirebon, Edi Tohidi

Edi mengatakan, festival pesisir merupakan wujud apresiasi seniman Cirebon yang ditampilkan pada momen penting bagi masyarakat Kota Cirebon, khususnya masyarakat di pesisiran Kota Cirebon ini.

Dalam kesempatan itu ia mengajak masyarakat untuk bersama-sama memelihara warisan budaya. “Budaya merupakan identitas jati diri suatu bangsa. Oleh karena itu pelestarian dan pengembangan kebudayaan menjadi suatu yang penting untuk dilakukan,” ujarnya

Lebih lanjut Edi mengatakan, laut bukan hanya sebagai sumber kehidupan bagi masyarakat kota Cirebon, namun juga menyingkap budaya pesisir yang sudah dikenal sejak ratusan tahun lamanya.

Oleh karena itu, Pemerintah Daerah Kota Cirebon melalui DKOKP menyelenggarakan gelar festival tradisi masyarakat nelayan Samadikun, Pesisir dan Cangkol guna mengangkat kembali khasanah kearifan lokal masyarakat Kota Cirebon akan kekayaan bahari

“Festival pesisiran merupakan salah satu event yang boleh dikatakan sebagai sebuah implementasi pelestarian budaya daerah Cirebon yang memuat nilai tradisi masyarakat pesisir,” ujar Edi saat menyampaikan sambutan penyelengaraan Festival Pesisiran 2019.

Kegiatan festival pesisir ini merupakan agenda tahunan dari kalender event Kota Cirebon yang berisi beberapa kegiatan tradisi diantaranya Nadran nelayan kampung Samadikun, Pesisir dan Cangkol.

Kemudian pagelaran wayang kulit di masing-masing kampung nelayan pesisiran Kota Cirebon, kirab ancak nelayan, dan pertunjukan pentas seni tradisi dan kontemporer. (CM-01)

.