Asita West Java Travel Mart 2019 di Cirebon Diikuti Peserta dari 24 Provinsi

CIREBON – Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASITA) menyelenggarakan Asita West Java Travel Mart (AWJTM) yang berlangsung tanggal 10 – 12 September 2019 di Cirebon. Acara ini dibuka resmi oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat, Dedi Taufik, Selasa (10/9).

Asita West Java Travel Mart di Cirebon diikuti peserta buyer dari 24 provinsi antara lain dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sulawesi Selatan.

Gelaran AWJTM di Cirebon ini juga diikuti peserta buyer dari mancanegara. “Jumlah peserta dari AWJTM tahun ini terdiri dari 77 company dari berbagai industri wisata yang mayoritas 80 persen dari Jawa Barat. Dan
buyer terdapat 124 perusahaan dari 24 provinsi dan dari negara Malaysia, Singapura, Brunai Darusalam dan Vietnam,” kata ketua panitia AWJTM 2019, Nuning

Para buyer ini adalah usaha Travel Agent, Tour Operator, dan Whole-Sellers. Para buyer dan seller bertemu di acara ini untuk melakukan kontak bisnis (Table Top). Para peserta juga diajak mengunjungi beberapa destinasi wisata di Kota Cirebon.

Ketua DPD Asita Jabar, Budi Ardiansyah mengatakan, AWJTM rutin digelar setiap tahunnya. Dan tahun ini memilih Cirebon sebagai tuan rumah penyelenggaraan AWJTM 2019.

Budi mengatakan, dipilihnya pelaksanaan AWJTM 2019 di Cirebon karena Asita ingin membantu pemerintah daerah mempromosikan potensi pariwisata di kawasan Ciayumajakuning.

“Kami sedang membantu mengembangkan kawasan Ciayumajakuning, terutama Kota Cirebon dan sekitarnya paska dioperasikannya bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati,” kata Budi dalam sambutan acara Welcome Dinner AWJTM di Grand Ballroom Aston Hotel Cirebon, Selasa (10/9).

“Ini AWJTM yang ke-5. Sebelumnya selalu di Bandung. Berkumpulnya tour and travel dan pelaku pariwisata ini merupakan kokaborasi sinergitas Asita dan Disparbud,” tambah Budi. (CM-01)